Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, definisi dan ciri-cirinya dapat kalian pahami langsung di situs Biosainskita ini. Oleh sebab itu, guna menambah edukasi bersama, segera simak rangkuman contoh pada hewan berikut beserta review lengkapnya!

Apakah kalian paham apa itu metamorfosis? Saya yakin, sebagian besar orang tidak mengetahuinya. Apalagi jika mendapat tugas sekolah untuk menyebutkan contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, mayoritas hampir setiap siswa hanya bisa menunggu jawaban langsung dari guru atau menconteknya.

Supaya kalian bisa menjawab setiap tugas dari Guru, penting untuk mempertimbangkan artikel dibawah. Sebab tak hanya contoh hewan saja yang bisa kalian pahami, tetapi artikel ini dilengkapi dengan definisi apa itu metamorfosis sempurna hingga ciri-ciri hewan itu sendiri.

Mengenal Apa Itu Metamorfosis Sempurna Pada Hewan

Sebelum kalian beranjak lebih jauh memahami contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, pertimbangkan pula untuk menganalisa definisi berikut!

Metamorfosis sempurna adalah terjadinya perubahan bentuk dan ukuran sebagai upaya daur hidup binatang mulai dari telur, larva, hingga akhirnya menjadi bentuk sempurna dan dewasa.

Sementara itu, istilah lain dari proses tersebut disebut sebagai perkembangan holometabola dan hanya terjadi pada binatang saja. Nah pada serangga berusia muda, ia akan memulai fase ini dari larva. Sedangkan setelah dewasa, prosesnya berubah menjadi imago.

Ciri-Ciri Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Supaya terasa lebih mudah saat menjawab  pertanyaan tentang contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, coba pahami ciri-cirinya sebagaimana tercantum dalam daftar berikut:

  • Setiap terjadinya fase metamorfosis, mereka cenderung menghasilkan bentuk yang berbeda sebagai hasil dari perkembangannya.
  • Bentuk asli setelah menetas tidak memiliki kesamaan dengan sang induk.
  • Akan menjalani masa pupa atau disebut pula sebagai kepompong.

Tiga ciri-ciri hewan yang mengalami metamorfosis sempurna tersebut akan menjadi rujukan kita dalam menentukan contoh hewan tersebut. Lantas apa saja contoh binatang itu sesuai ciri-ciri di atas?

Contoh Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Sempurna


Berikut ini beberapa contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna sesuai ciri-ciri maupun pengertian apa itu metamorfosis sempurna yang sudah tercantum di atas:

1. Nyamuk


Contoh pertama yaitu nyamuk. Hewan satu ini akan mengalami perubahan bentuk mulai dari telur yang berubah menjadi larva (jentik nyamuk), lalu berubah lagi menjadi pupa, dan akhirnya menjadi nyamuk dewasa. Karena adanya fase perubahan tersebut, maka nyamuk masuk dalam salah satu contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.

2. Lalat


Contoh selanjutnya yaitu lalat.  Hewan ini juga akan mengalami perubahan bentuk layaknya nyamuk, yaitu bermula dari telur >> larva >> pupa >> dan menjadi nyamuk dewasa. Dengan adanya contoh perubahan bentuk seperti demikian, maka nyamuk menjadi salah satu contoh hewan tersebut selain nyamuk.

3. Katak


Selain lalat dan nyamuk, contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna selanjutnya adalah katak. Tetapi, perubahan bentuk pada katak tidak sama seperti 2 contoh binatang diatas yang mana katak "tidak akan mengalami masa pupa". 

Meskipun demikian, katak tetap menjadi satu contoh hewan yang mengalami metamorfosis karena akan mengalami perubahan terhadap bentuk tubuhnya. Pada contoh kali ini, katak akan mengalami perubahan secara menyeluruh pada bentuknya dari masa muda hingga menjadi katak dewasa.

Gambaran bahwa katak termasuk dalam contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah adanya perubahan berikut: Berawal dari telur >> berudu >> berudu berkaki >> katak muda berekor >> katak dewasa.

Baiklah, demikianlah beberapa contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Contoh Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Sempurna"