Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Terbaik Buah Nanas bagi Kesehatan

A. Buah Nanas 

Buah tropis ini kaya akan beberapa enzim utama, sehingga manfaat buah nanas dimulai dengan pencernaan yang lebih baik. Selain itu, mereka juga dikaitkan dengan penurunan berat badan dan mengobati peradangan.

Manfaat buah nanas untuk kesehatan

Gambar/foto Nanas: dari pixabay.com


Nanas juga dikaitkan dengan peningkatan status gizi anak, berkat profil nutrisinya yang kaya. Mereka sangat kaya akan vitamin A dan C. Selama bertahun-tahun, sains telah banyak meneliti nanas dan manfaat kesehatan yang ditawarkannya. 

B. Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan 

Berikut 8 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan 

1. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Jus nanas diamati menurunkan lipogenesis (pembentukan lemak) dan meningkatkan lipolisis (pemecahan lemak untuk melepaskan asam lemak). Nanas mungkin terlihat sebagai makanan yang ideal untuk membakar lemak perut.

2. Membantu Pencernaan

Komponen terpenting nanas adalah bromelain, enzim pencernaan yang kuat. Studi menyatakan bahwa suplementasi bromelain atau enzim pencernaan bisa membantu dalam pemecahan protein.

Ini bisa membantu untuk mengobati insufisiensi pankreas, gangguan pencernaan yang mana pankreas tidak menghasilkan cukup enzim tertentu yang digunakan oleh tubuh untuk mencerna makanan di usus kecil.

Formula dengan bromelain sebagai salah satu bahan utamanya dapat meredakan perut kembung dan diare yang berlebihan. Jadi nanas ini sangat membantu pencernaan.

3. Nanas Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Studi menunjukkan bahwa bromelain pada nanas mungkin memiliki aktivitas anti kanker. Enzim tersebut mungkin berdampak langsung pada sel kanker.

 Nanas memberikan efek anti kanker pada sel usus besar. Nanas mengandung bromelain yang menjadi kandidat yang baik sebagai mengurangi risiko penyakit kanker kolorektal.

4. Dapat Membantu Peradangan

Bomelain telah dinyatakan memiliki efek terapeutik pada berbagai penyakit radang, termasuk sindrom radang usus. Nanas juga menghilangkan sejumlah molekul di permukaan sel yang berkontribusi pada untuk mengatasi peradangan.

5. Nanas Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin C pada nanas memiliki manfaat bagi kulit. Vitamin tersebut meningkatkan produksi kolagen dan dapat melindungi kulit dari kerusakan. Konsumsi Buah Nanas ini untuk menjaga kulit Anda agar tetap sehat.

6.  Dapat Membantu Mengobati Radang Sendi Dan Meningkatkan Kesehatan Tulang

Bromelain juga bisa membantu untuk pengobatan osteoarthritis. Enzim memiliki sifat analgesik, terutama nyeri inflamasi pada manusia. Ini dicapai dengan secara langsung memengaruhi bradikinin, mediator nyeri yang menyebabkan kontraksi otot polos dan pelebaran pembuluh darah.

Nanas mengandung mangan, dan mineral penting dalam pembentukan tulang. Nanas juga mengandung vitamin C yang baik untuk membantu mengobati tulang. Nanas dapat meningkatkan pertumbuhan tulang pada orang muda dan menguatkan tulang pada orang tua.

7. Membantu Meningkatkan sistem Kebalan Tubuh

Bromelain memodulasi dalam sistem kebalan tubuh serta berpotensi bisa mempercepat penyembuhan pada luka. Buah ini ditemukan meningkatkan konsentrasi sel darah putih penangkal penyakit sebanyak empat kali lipat.

8. Nanas Membantu Meningkatkan Pemulihan

Nanas mampu meningkatkan pemulihan. Ini benar terutama dalam kasus pemulihan yang sangat dibutuhkan setelah operasi. Studi lebih lanjut diperlukan untuk menetapkan keefektifan bromelain dalam pemulihan pasca operasi.

Dalam sebuah penelitian, asupan bromelain nanas secara signifikan mengurangi rasa sakit pada pasien yang menjalani operasi gigi. Enzim menawarkan kelegaan yang sama seperti obat anti-inflamasi lainnya.

Bromelain juga ditemukan untuk mengurangi rasa lelah. Buah ini bisa mengurangi kerusakan otot dan meningkatkan pemulihan selama beberapa hari berturut-turut. Buah Nanas ini memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya, cobalah untuk makan nanas demi kesehatan Anda.

Posting Komentar untuk "Manfaat Terbaik Buah Nanas bagi Kesehatan"